NU: Perlawanan Terhadap Penjajah.

Al-Khilafah Islamiyah Perkara Mendesak..

Mendudukan Sejarah Kekhilafah`n Islam.

Merdeka yang Sesungguhnya

/ On : Jumat, Juli 30, 2010/
Negara kita belum merdeka, Bung!

Negara yang merdeka adalah negara yang benar-benar berdikari mampu menangani segala persoalan dalam dan luar negeri dan rakyatnya merasa aman dan tenteram. Terus gue mau nanya neh ke elo semua Bro, tapi jawab yang jujur ya? Apakah elo semua ngerasa aman ketika negara lain turut campur dalam kepentingan negara ini mulai dari soal ketahanan negara, ekonomi, dan masalah-masalah lainnya?

Contohnya nih aset-aset negara yang penting seperti tambang emas dan minyak pun dikuasai oleh orang asing inilah yang membuat rakyat Indonesia masih banyak yang sengsara kalo menurut istilah yang diajarkan oleh guru gue waktu SD tuh seperti tikus yang mati di lumbung padi. Nah begitulah keadaan negara ini. Padahal kalo dalam Islam Rasulullah saw. bersabda, ”Kaum Muslim berserikat dalam tiga hal: air, padang rumput, dan api. Harga (menjual-belikannya) adalah haram” (HR Abu Dawud)

Jadi air (laut, sungai, danau, dll), padang rumput (hutan), dan api (bahan bakar minyak, batu bara, gas, listrik, dan sumber energi lainnya) merupakan milik bersama. Karenanya, termasuk dalam pemilikan umum dan ridak boleh dikuasai secara pribadi, atau bahasa kerennya tidak boleh “diprivatisasi” sampai tambang garam pun pernah diambil kembali lho oleh Rasulullah karena menyangkut kepentingan umat

Pokoknya sekarang ini nggak ada deh kepentingan yang berpihak pada rakyat semuanya dikapitalisasi bahkan sampe tenaga buruh pun dengan adanya outsourcing bisa dijadikan penghasilan atau pemerasan. Misalnya dengan adanya outsourcing otomatis para pemilik perusahaan bisa lepas tanggung jawab dari para buruh. Ah, udah mah jadi buruh, dipotong gajinya sama outsourcing (apalagi kalo dipotongnya 50 sampe 75 persen ya) hehehe bisa bangkrut tuh buruh diperes terus, ditelantarkan pula kalo udah tua tanpa dapet uang pesangon. Wah lengkap sudah deh penderitaan rakyat padahal kan katanya ekonomi kerakyatan tapi kok berpihaknya ke kapitalisme. Jadi ada yang salah tuh dengan sistem yang kita anut. Iya kan?

Untuk hal ekonomi malah bank-bank di Indonesia pun masih menggunakan sistem riba yaitu sebuah transaksi yang dicirikan dengan suatu pernyataan ’Beri saya hutang dan saya akan tambahkan (jumlah pengembaliannya). Padahal selain sistem riba itu dilarang oleh Islam, sistem ini juga nggak kenal belas kasihan. Ya iyalah namanya orang yang berhutang itu kan adalah orang kesusahan bukannya ditolong dengan ikhlas malah dimakan juga. Ca’ur banget kan? Allah Swt. berfirman (yang artinya): “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan” (QS Ali Imran [3]: 130)

Juga dalam ayat lain, Allah Swt. berfirman (yang artiya): “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (QS al-Baqarah [2]: 275-281)

Nah, serem kan?

Dalam sistem pendidikan pun Islam telah mengaturnya karena untuk mewujudkan SDM yang baik dibutuhkan pendidikan yang baik juga bahkan khalifah umar bin khatab pun pernah memberikan gaji kepada guru TK sebesar 15 dinar emas (1 dinar emas setara dengan 4,25 gram emas). Nah, elo itung sendiri dah berapa duit tuh?

Oya, karena begitu pentingnya pendidikan maka pendidikan pun digratiskan nggak ada anak yang putus sekolah karena kesulitan biaya atau kalau misalkan pendidikan benar-benar terpenuhi maka nggak mungkin kan negara ini menjadi negara yang mempunyai SDM dengan peringkat di bawah 100.

Itulah ruginya jika kita tidak melaksanakan Islam secara keseluruhan. Saat ini, yang terjadi adalah berlomba-lomba mencari kekayaan dengan jalan apapun nggak peduli keadaan orang sekitar. Nama kerennya sih hedonisme. Elo bisa bayangin kan kalo misalkan semua orang pada begini otomatis deh generasi kita dan generasi seterusnya akan menjadi lebih bobrok.

Udah keliatan kan contohnya sekarang-sekarang ini karena kurangnya pendidikan agama banyak tuh pemuda-pemudi yang makin kacau aja kehidupannya. Mereksa terjerumus dalam free sex, ngedugem, narkoba, doyan miras, tindak kriminal seperti tawuran, dan budaya-budaya negatif dari luar pun lebih mudah untuk masuk dan menjadi bagian dari kehidupan anak muda sekarang ini. Contohnya makin banyak para pemudi yang menanggalkan jilbab dan kerudungnya dengan alasan udah nggak jaman atau ngikutin tren para aktris Hollywood gitu lah, tapi tetep aja makannya masih tempe. Hahaha.. mungkin cuma tempe aja yang asli Indonesia dan masih bisa bertahan.

Terus nih, yang bikin gue geleng-geleng kepala anehnya ada juga sesuatu yang dilabeli Islam tapi amat jauh dari nilai-nilai keislaman seperti penayangan “film religi” tapi masih ada juga adegan yang nggak banget deh seperti berpegangan tangan dan lain-lain. Katanya film religi tapi kok gitu yah? Ah, namanya juga sekadar label kok!

Ini bukti yang kentara banget, bahwa kita belum merdeka. Karena masih dijajah oleh budaya dari luar. Sebab, hakikat kemerdekaan itu, adalah terbebasnya dari penghambaan terhadap hawa nafsu. Terbebasnya dari ikatan dengan aturan selain Islam. Kita hanya menyerahkan diri kepada Allah Swt. saja. Bukan kepada yang lain. Maka sistem hukum yang wajib diikutin adalah sistem Islam. Bukan sistem yang lain seperti demokrasi, kapitalisme, nasionalisme, sekularisme, sosialisme, komunisme, termasuk turunannya sekularisme yakni permisifisme, hedonisme dan sejenisnya (lha, banyak banget ya?)

Solusinya neh!

Nah solusi dari kekacauan ini adalah dengan menerapkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ingat nih Bbro en Sis. Islam itu bukan sekadar agama ritual saja. Islam tuh adalah agama yang paling lengkap. Semua peraturan untuk kemaslahatan manusia ada semua di situ dan udah tercantum dalam satu kitab yang bernama al-Quran. Al-Quran adalah kalamullah, yakni ucapan Allah Swt yang telah menciptakan manusia dan otomatis Dialah yang paling mengerti akan kebutuhan manusia. Catet ya!

Maka, sebagai generasi muda elo jangan malu untuk mengkaji Islam dan jadilah insan yang bertakwa. Jadi kalo suatu saat ada yang bilang syariat Islam tidak pas untuk diterapkan di negara ini elo nggak langsung percaya gitu aja. Emangnya siapa sih yang paling mengerti manusia dia atau Allah Swt.?

Allah Swt. berfirman (yang artinya): “Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (al-Quran) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa al-Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu. Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (al-Quran, sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat mengubah-ubah kalimat-kalimatNya dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS al-An’am [6]: 114-115)

Dijamin deh kalo negara ini bener-bener mengikuti aturan dari Allah pasti elo semua (dan kita semua) nggak akan ngerasain penjajahan dalam bentuk apapun. Kalo sekarang? Hmm.. secara fisik di negeri ini nggak ada penjajahan. Tapi secara ekonomi, politik, budaya, pendidikan, hukum, sosial kita masih terjajah oleh aturan selain Islam. So, kalo pengen merdeka, campakkan sistem selain Islam dan nggak usah dijadikan aturan hidup kita lagi. Ya, cuma Islam yang bisa menjadikan kehidupan ini lebih baik. Jadikan Islam sebagai jalan hidup kita semua, dalam aktivitas individu, bermasyarakat dan bernegara. Itu semua bakalan bikin kita makin yakin dan bangga deh dengan keislaman kita, sehingga berani teriak lantang: MERDEKA!

0 komentar:

Posting Komentar

be nice, keep it clean my friend

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Watch videos at Vodpod and more of my videos

Followers

Foto Saya
bilal mubaraqi
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
a sore loser | full time dreamer | part time achiever | self centered servant | educator | big brother of insolent brothers | arts lover | half ass photographer
Lihat profil lengkapku